Select Language

PhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucket

Tweaking II

hehehehee....ktemu lagidengan saya. Nah.. untuk kali ini saya akan melanjutkan tentang tweaking...yuk kita lanjutin....

3. Key dan Value
   Setiap bagian merupakanj urutan teratas dari suatu sistem informasi Registry dan pada urutan terbawah pada setiap bagian adalah bagian yang disebut "Key" dimana setiap key  bisa mengandung "subkey" yang tersusun mirip dengan struktur folder pada hard drive.
   Setiap key mengandung "Value" yang mengontrol konfigurasi tertentu, contohnya "HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\mouse\DoubleClickSpeed", yaitu guna menentukan waktu pengenalan double click pada mouse yang nilai default pada value dapat dirubah cukup dengan double click Value "DoubleClickSpeed". Sebuah Key dapat mengandung beberapa Value. Pada Registry terdapat 5 jenis Value.
READ MORE

a). REG_SZ (String Value)
    Merupakan data yang paling umum pada Registry., mendukung masukan teks dan nomor. Value         dariDoubleClickSpeed diatas merupakan String Value
b). REG_MULTI_SZ (String array Value)
    Type data ini dapat menyompan beberapa teks dan nomor. Registry memperbolehkan anda untuk     memodifikasi value ini tapi tidak untuk membuatnya.
c). REG_EXPAND_SZ (Expand string Value)
    Type data ini mengandung variabel yang digunakan Windows untuk menunjuk ke lokasi file.
d). REG_BINARY (Binary Value)
    Type data ini hanya tersusun atas data (angka) biner (0 dan 1)
e). REG_DWORD (DWORD Values)
    Type data ini direpresentasikan sebagai nomor yang umumnya merupakan bilangan biner (0 dan 1)     yang menyatakan bahwa 0 berarti menyalakan dan 1 adalah mematikan, tetapi ada juga value yang     menyatakan nilai lain. Terdapat 2 model value dari nilai yaitu "Desimal Value" dan " Hexadesimal     Value"


4. Backup Registry
   Saat anda melakukan perubahan data pada Registry, tentunya pasti terdapat terjadi kesalahan    saat merubah key registry. Kesalahan yang mungkin terjadi, tidak dapat dikembalikan secara        otomatis kecuali jika anda telah melakukan proses "back-up Registry" terlebih dahulu yang ada 3 cara yaitu:
a). System Restore
b). Backup Utility
    Program ini secara default telah otomatis terinstall pada Windows XP Profesional tetapi tidak pada versi Home Edition, tetapi anda dapat menginstallnya terlebih dahulu "Start => All Programs => Accesories => System Tools => BackUp lalu tekan Advance Mode => Backup Wizard (Advanced) saat muncul jendela What to Back up pilih Only back up the System State data dan ikuti petunjuk selanjutnya".
c). Registry Editor
    Untuk memback-up Registry anda dapat melakukan langkah berikut:
      1. Klik File pada registry
      2. Klik export
      3. Beri nama file back-up tersebut.
      4. Save dan anda bisa melakukan perubahan sesuai keinginan
    Bila anda melakukan kesalahan, anda dapat langsung mengembalikan data sebelumnya dengan cara
      1. Klik File
      2. Klik Import
      3. Pilih filenya
      4. Klik Open
    Sebaiknya lakukan restart pada komputer setiap kali anda melakukan perubahan registry


6. Menghapus Key dan Value
        File REG tidak hanya dapat dipakai untuk menambahkan KEY atau Value baru, tetapi juga dapat menghapus Key dan Value di dalam Registry dengan cara tambahkan tanda minus (-) diawal baris key tersebut dan apabila tanda minus tel;ah ditambahkan, maka key Desktop dari Registry akan terhapus. Anda tidak dapat menghapus Key dari Registry selama key tersebut memiliki subkey.
        untuk menghapus Value, tambahkan tanda  minus (-) setelah tanda sama dengan (=). Apabila tanda sama dengan telah ditambahkan, maka Value MenuShowDelay akan terhapus tetapi Key tempat Value tersebut tetap ada.


7. Melindungi Registry dari kesalahan
   Pada umumnya, USer akan melakaukan double klik pada suatu file untuk membuka. Hal ini berbeda pada file REG dan hal ini dapat menyebabkan masalah bila anda tidak berhati-hati. Untuk menghindari hal ini, anda dapat mengubah aksi yang akan dilakukan windows bila file REG di double klik dengan cara berikut:
a). Pilih Folder Option pada Control Panel
b). Tab File Types
c). Pilih REG
d). Klik Advanced
e). Pilih Edit
f). Klik Set Default
g). Klik OK   

tunggu aja postingan selanjutnya ...aq mau bo2 dulu...bye.....

1 komentar:

Dhe said...

puciink... tar dakupraktekin deh, biar ga pucing. wekekke

 
Powered By Indigoo-nation.blogspot.com | Design By Goo